Minggu, 09 Oktober 2011

SPI: Dinasti-dinasti Kecil

A. DINASTIFATIMIYAH
Fatimiyah merupakan Dinasti Syiah Isma’iliyah yang pendirinya adalah Ubaidillah al Mahdi yang datang dari Syiria ke Afrika Utara yang menisbahkan nasabnya sampAi ke Fatimah putri Rasulullah SAW dari istri khalifah keempat Ali bin Abi Thalib. Karena itu menamakan Dinasti Fatimiyah. Namun kalangan sunni mengatakan Ubaidiyun. Konsep yang digunakan adalah Syiah radikal Isma’iliyah dengan doktrin-doktrinnya, yang berdimensi politik, agama filsafat.
Pada masa pemerintahan Fatimiyah timbul perang salib dan muncul gerakan-gerakan Syiah yang ekstrim yang disebut Druze yang dipimpin oleh Darazi. Dan Dinasti Fatimiyah bukan hanya sebuah wilayah gubernur yang independen, melainkan juga merupakan sebuah rezim refolusioner yang mengklaim otoritas universal. Dinasti Fatimiyah berkuasa mulai (909-1173 M) atau kurang lebih tiga abab lamanya. Dinasti ini merupakan dan mengaku keturunan Nabi Muhammad SAW. Melalui jalur Fatimiyah Az-Zhoro dan juga merupakan keturunan dari Ubaidillah al-Mahdi disebut Dinasti Ubaidiyun (khalifah 1 Dinasti Fatimiyah) dan berasal dari Yahudi.
1. Kemajuan Dinasti Fatimiyah
- Kemajuan dalam perdagangan dengan dunia non Islam, termasuk India dan Negeri Mediterimiaa yang Kristen.
- Kemajuan di bidang seni, dapat dilihat pada sejumlah dekorasi dan arsitektur istana.
- Di dalam bidang pengetahuan dengan dibangunnya Universitas Al-Azhar.
- Di bidang ekonomi, baik sektor pertanian, perdagangan, maupun industri, dan juga di bidang keamanan.
2. Kemunduran Dinasti Fatimiyah
- Para penguasa yang selalu tenggelam dalam kehidupan yang mewah.
- Adanya pemaksaan ideologi Syi’ah kepada masyarakat Sunni.
- Terjadinya persaingan perebutan wasir.
- Kondisi Al-Adhid (dalam keadaan sakit) yang dimanfaatkan oleh Nur ad-Din.
B. DINASTI SELJUK
Seljuk adalah nama keluarga penguasa suku-suku Oghuz di Turki. Mereka berasal dari daerah pegunungan dan stepa Turkistan. Menjelang akhir abad ke-2 H atau abad ke-8 M. orang-orang Oghuz pindah ke arah barat melalui dataran tinggi Siberia ke laut Arab dan sebagian ke wilayah Rusia. Dan suku Seljuk keturunan Seljuq bin Yakak. Seorang pemimpin konvederensi suku-suku Turki yang mengabdi kepada salah seorang Khan di Turkistan. Seljuk pindah dari dataran tinggi Kirghiz ( Kazakhstan). Bersama seluruh anggota sukunya ke Jand di provinsi Bukhara.
Pada masa pemerintahan, seljuk mengontrol kekhalifaan Abbasiah pada tahun 447 H/ 1055 M. dan berakhir pada tahun 656 H/ 1258 M. ketika balatentara Mongol menyerang serta menaklukkan Baghdad dan hampir seluruh dunia Islam terutama bagian timur. Dan pada masa pemerintahan khalifah yang terakhir, adapun para pemuka Seljuk yang menjadi pemimpin pemerintahan pada periode ini dapat dibedakan antara mereka yang berdomisili di Baghdad ibu kota Abbasiyah, dan bertempat tinggal di Iran. Mereka yang tinggal di Baghdad adalah Tugril Beq (1038), Alp Arslan (1063-1072), Maliksyah I(172-1092), Mahmud I (1092), Barkiyarukh (1094-1194), Maliksyah II (1105), Sanjar (1118).
Adapun yang lain adalah Mahmud II (1118), Dawud (1131), Tugri II (1132), Mas’ud (1134), Maliksyah III (1152), Sulaiman Syah (1160), Arslan (1161), dan Tugril III (1176-1194).
C. DINASTI MURABITUN
Dinasti Murabitun pada awalnya adalah sebuah penguyuran militer keagamaan yang didirikan pada paruh abad ke-II oleh seorang muslim yang saleh disebuah Ribath (dari sini berasal Murabitun). Anggota-anggota pertamanya terutama berasal dari Lamturah yang dari suku Sunhchai, yang orangnya hidup sebagai pengembara di padang Sahara dan sebagaimana kebiasaan keturunan mereka suku Thawariq mengedakan cadar yang menutupi wajah dibawah mata. Ada mereka yang aneh ini memunculkan nama lain Mulatt Samun (para pemakai cadar) yang kadang-kadang menjadi sebutan lagi bagi kaum Murabitun.
Di bawah kekuasaan golongan Murabitun terdiri atas para muallak yang mewarisi tradisi Barbar yangbelum punah muncul ledakan gairah keagamaan fanatik di awal abad ke-12 yang pada gilirannya merugikan kaum Kristen, Yahudi, bahwan Muslim Liberal.
Dalam periode Murabitun awal inilah seorang figur paling bersemangat di kalangan Muzarab sekaligus pahlawan paling terkemuka di kalangan ksatria Spanyol. Rodrigo Diaz de Bivct. Yang lebih dikenal dengan nama Cid. Memantapkan operasi militernya Rodrigo keturunan keluarga Bangsawan Castile, awalnya bekerja untuk Alfonso.
D. DINASTI MUWAHHIDIN
Dinasti Muwahhidun di spanyol(1090-1147) seperti sudah diduga berumur pendek. Ia melengkapi lingkar nasib kerajaan-kerajaan Asiatif dan Afrika. Oligarki militer yang efisien diikuti kemalasan dan korupsi yang mengarah pada disintegrasi dan kejatuhan.
Dinasti muwahhidin bermula dari sebuah gerakan agama politik yang didirikan oleh seorang barber. Perhatian utama pada khalifah Muwahhidin di Spanyol adalah memerangi perang suci melawan Kristen namun keinginan itu tidak berhasil dicapai. Kekalahan telah diakhir nafas pada tahun 1212 membuat mereka diusir ke semenanjung itu. Pertempuran yang oleh orang Arab disebut perang al-Uqab (bukit). Terkobar disuatu tempat kra-kira 119 Km.
Muwahhidin jatuh saat orang Castile mengadu domba kepala-kepala suku muslim, dan akhirnya gilirannya menghancurkan mereka, Muhammad bersekutu dengan kaum kristen dan berencana merebut sebuah negara di sekitar Granada yang sampai tingkat tertentu. Berhasil bangkit dan melanjutkan kejayaan Seville. Selama dua setengah abad berikutnya ia menjadi pahlawan Islam karena perjuangan melawan kekuatan Kristen yang sedang tumbuh.

Related Posts:









0 komentar:

Posting Komentar

next page